(Pengalaman) Bermain PC Game Lancar dengan VGA On Board (Low Cost Gaming for PC) Radeon HD 4200

Saya selalu menyempatakan waktu luang untuk bermain game, walaupun menggunakan perangkat sederhana, namun tetap saja saya selalu mencari trik terbaru untuk bisa main game pc ter-update. Telah tidak aneh lagi terbukti, sekarang komputer telah menjadi pusat hiburanbagi tidak sedikit orang. Dulu, mungkin komputer hanya dipakai untuk bekerja, tapi sekarang orang-orang memakai komputer sebagai sarana untuk menghibur diri, entah itu mendengarkan lagu, melihat Film, alias bahkan memainkan game-game sekelas game konsol. Saya yakin bahwa tidak sedikit di antara kami yang bahkan membeli sebuah perangkat komputer dengan tujuan untuk bermain game. Entah itu game-game simple yang tidak menuntut resource komputer yang besar, ataupun game-game dengan teknologi tinggi yang pastinya membutuhkan spesifikasi komputer yang “wah”, dan telah pasti harga yang diperlukan untuk bisa menebus komputer semacam itu bakal mahal.

PC Gaming
Ilustrasi pc gaming low budget

Nah, tapi bagi kami yang mungkin mempunyai budget pas-pasan, tetapi begitu ingin untuk memainkan game-game berat semacam Crysis, Call of Duty, alias Far Cry jangan dulu berkecil hati sebab produsen-produsen Video Card (hardware komputer yang begitu diperlukan dalam menunjang bermain game) telah mengeluarkan produk-produknya yang meskipun terjangkau tapi tetap playable alias bisa di sobatlkan untuk memainkan game-game terkini. Kami hanya memakai sebuah Motherboard keluaran AMD dengan chipset 785G dan VGA On Board nya yaitu Radeon HD 4200 memliki core clock 500 MHz dan telah mendukung DirectX 10.1. Oleh sebab itu kami bisa menghemat uang kami sebab tidak butuh membeli VGA Add On. Bagaimana performa sebetulnya dari sebuah Motherboard ber-chipset 785G dan VGA On Board HD 4200? Mari kami uji dengan game-game berikut, kami bakal berbagi setting yang optimal supaya sobat bisa dengan lancar memainkan game-game tersebut.

Crysis Warhead

Salah satu game yang begitu menakjubkan sebab mempunyai nilai grafisyang begitu baik, dan bisa dibilang adalah salah satu game dari sekian tidak sedikit game “penyiksa” VGA di sebabkan nilai grafis nya yang hampir menyerupai dunia nyata. Jadi pasti bakal menuntut VGA untuk bekerja dengan cara maksimal.

Setting yang kami sarankan untuk bisa memainkan game ini dengan cara lancar yaitu resolusi 1024×768, anti-aliasing off, dan semua konfigurasi lain pada level minimum. Konsekuensinya sobat bakal kehilangan keindahan grafis yang dimiliki game ini. Tapi untuk grafis yang lebih baik sobat bisa merubah resolusi menjadi 800×600 anti-aliasing off dan setting konfigurasi lain pada level mainstream.

Far Cry 2

Game berjenis FPS yang adalah sekuel lanjutan kedua dari Far Cry inibegitu asyik untuk dimainkan, mesikipun telah tamat tapi bakal rutin ada keinginan untuk memainkannya lagi. Nilai grafis nya juga tidak kalah menakjubkan bila dibandingkan dengan Crysis Warhead. Misi-misi yang tersedia dalam game ini juga begitu beragam dan pastinya menegangkan.

Setting yang kami rekomendasikan untuk bisa menikmati keindahan grafis game tapi pastinya tetap bisa dengan lancar untuk memainkan game ini gunakan resolusi 1024×768 dan semua setting komponen high dan gunakan DirectX 9, lagging bakal sobat temui tapi itu tetap bisa di tolelir, tidak terlalu mengganggu. Tapi bagi sobat yang mencari kelancaran tanpa memperdulikan nilai foto turunkan resolusi menjadi 800×600, setting komponen pada high, dan gunakan DirectX 9.

Call of Duty: World at War

Game yang membawa tema Perang Dunia ke 2 ini adalah sekuel ke 5dari seri game Call of Duty. Pada game ini diterapkan sebuahengine baru yang membikin nilai grafis game ini terkesan begitu realistik. Proyek pembuatan game ini ditangani oleh sebuah perusahaan Developer Game yaitu Treyarch, tidak sama dengan seri terdahulunya yaitu Modern Warfare yang ditangani oleh Infinity Ward yang mendulang berhasil di pasaran, sedangkan seri kelima ini tidak terlalu meraup berhasil yang besar dibandingkan dengan Modern Warfare tapi mesikipun begitu game ini tetap asyik untuk dimainkan.

Setting yang kami rekomendasikan yaitu resolusi pada 800×600 dengan anti-aliasing 2x dan setting lainnya pada posisi yes, ini adalah setting yang paling baik menurut kami, mesikipun terjadi sedikit lag diberbagai tempat, tetapi itu tidak terlalu mengganggu.

Tom Clancy’s H.A.W.X

Tidak tidak sedikit game-game baru yang bergenre sama dengan game ini yaitu Flight Action. Game ini mengambil setting suasana Perang Dunia II. Pada game ini sobat bakal berperan sebagai Pilot pesawat tempur bayaran untuk menjalankan beragam misi yang diberbagi. Pada setiap level, misi yang diberbagi bakal tidak sama-beda, mulai dari hanya mengawal objek tertentu saja, menghancurkannya, ataupun melindungi objek tersebut. Bisa dibilang ini adalah game Flight Action paling baik saat ini, disamping dari seri game lainnya, Ace Combat.

Resolusi pada 1024×768 dan semua setting pada high asal jangan memakai anti-aliasing lebih dari 2x, sobat bisa memainkan game ini dengan lancar tanpa diganggu dengan lag yang berarti.

The Sims 3

The Sims, telah pasti sobat mengenal game ini. Game simulasi kenasiban sehari-kali ini sungguh begitu asyik untuk dimainkan, kami bisa meng-customize karakter yang bakal kami mainkan dengan leluasa. Inti dari game ini adalah kami diharuskan mengontrol semua aktifitas yang diperbuat oleh Sims sobat, mulai dari bangun tidur pagi, makan, mandi, bekerja, dan berinteraksi dengan Sims lainnya. Begitu adiktif dan membikin kami untuk tidak bosan-bosan memainkannya.

Sobat bisa memainkan game ini dengan begitu lancar pada setting default game, jadi harus bagi sobat yang bakal membeli motherboard 785G untuk membeli game ini :-)

Empire Total War

Siapa gamer yang tidak kenal dengan game ini, dari berbagai sumber game ini adalah game Real Time Strategy yang paling tidak sedikit diminati dibandingkan dengan game lain yang sejenis. Ada penambahan baru pada game ini, dimana kitak selain bertempur di darat tetapi juga kami bakal bertempur di lautan.

Untuk itu game ini meminta spesifikasi grafis yang tinggi, jadi awalnya kami merasa ragu apakah dengan hanya mengsobatlkan VGA On Board Radeon HD 4200 game bakal bisa dengan lancar untuk dimainkan. Tetapi rupanya keraguan kami bisa ditepis, pada kondisi setting default game ini telah memakai resolusi 1024×768 dan semua setting pada level high tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan, meskipun bisa dimainkan tapi terjadi lag pada saat kami memerintahkan pasukan yang ada, bahkan pada saat merubah posisi kamera (rotate) pun terjadi lag.

Game ini bakal bisa lancar dimainkan tanpa diganggu dengan lag pada resolusi 800×600 pada setting komponen high dan medium, sayang sobat tidak bisa menikmati keindahan grafis yang dimiliki game ini. Semacamnya sobat harus membeli VGA Add On untuk bisa memainkan game ini dengan lancar dan menikmati keindahan grafisnya. Tapi tetap game ini bisa dimainkan dengan HD 4200 on board.

Company of Heroes

Game ini begitu terkenal sobat bakal tidak jarang menemukan game ini di bundling dengan produk-produk Video Card sebab game ini telah mendukung DirectX 10. Game ini ber-setting di zaman Perang Dunia II antara sekutu dengan NAZI Jerman. Jalan cerita yang dipakai juga lumayan luar biasa.

Pada saat game ini telah berakhir di instal, kondisi default dari game ini telah selesaiolusi 1024×768 semua opsi setting dalam posisi high dan ultra. Hasilnya game ini bisa dimainkan dengan lancar tanpa ada gangguan lag, FPS yang sanggup dicapai game ini adalah sebesar 19,4 fps. Lumayan untuk ukuran on board grafis. Begitu juga bila anti-aliasing di aktifkan game ini tetap bisa dimainkan dengan lancar mesikipun pada saat terjadi efek ledakan yang massive alias berondongan peluru agak sedikit tersedia lag, tetapi tidak mengganggu jalannya permainan.

Game ini bisa dengan lancar dimainkan dengan memaksimalkan semua setting yang ada, jadi kami tidak memberbagi rekomendasi khusus. Ini bisa menjadi game yang ke dua seusai The Sims 3 untuk masuk dalam daftar belanjaan sobat bagi sobat yang berniat bakal membeli motherboard 785G.

Ya, terbukti pemakaian on board grafis HD 4200 pada Motherboard AMD 785G tetap bisa disobatlkan untuk memainkan berbagai game-game terkini, tapi dengan konsekuensi sobat harus meminimalkan konfigurasi setting untuk bisa dengan lancar memainkan berbagai game.

Spesifikasi PC yang dipakai adalah:
  • Motherboard Gigabyte GA-MA785GM-US2H dengan on board grafis HD 4200 dan sharing RAM 512MB.
  • Processor AMD Phenom X4 9550BE 2,6 GHz.
  • Memory Patriot G-Series DDR2 PC-6400 4GB Kit.
  • Harddisk WD Raptor 74GB 10.000rpm.
  • Power Supply AcBel 607watt.
  • Operating System Windows Vista.
Bagi anda yang hobi main game di smartphone android, anda tetap juga bisa bermain game berat dengan spesifikasi yang sederhana. Silahkan gunakan aplikasi game booster yang terbukti bisa mengoptimalkan perangkat saat menjalankan game berat sekalipun. Siapa lagi nih yang suka main game? Yuk share ke temen-temen yang lain ya :D

(Pengalaman) Bermain PC Game Lancar dengan VGA On Board (Low Cost Gaming for PC) Radeon HD 4200